الفلسطينيون ينتقمون من إسرائيل وأمريكا الشريرتين.

الفلسطينيون ينتقمون من إسرائيل وأمريكا الشريرتين.
Free Palestine

Manfaat - Manfaat Buah Naga Bagi Ibu Hamil | RAFLInews


RAFLInews - Buah naga berasal dari Amerika Tengah dan diimpor ke Vietnam pada abad ke-20. Sejak saat itu, buah berwarna merah ini telah dibudidayakan di berbagai tempat termasuk Indonesia.

Menerapkan pola makan sehat saat hamil bermanfaat untuk ibu dan bayi. Buah naga kaya akan berbagai nutrisi seperti serat, vitamin C dan zat besi. Mari ketahui manfaat buah naga untuk ibu hamil disini.

Bila kamu belum tahu, buah naga berbentuk lonjong telur dengan panjang sekitar 10-15 cm dengan berat 350 gram. Daging buah ini dapat berwarna merah atau putih dengan biji hitam kecil bertebaran di dalamnya. Rasa buah ini disebut asam-manis ringan.

Kandungan buah Naga dan manfaat untuk Ibu Hamil


Buah naga mengandung vitamin C, karbohidrat, lemak sehat dan antioksidan yang bermanfaat untuk ibu hamil

Buah-buahan termasuk buah naga adalah salah satu zat penting untuk kesehatan karena kandungan serat dan vitaminnya. Berikut manfaat buah naga untuk ibu hamil dilihat dari sisi nutrisinya di dalam setiap 100 gram sajiannya.





  • Kaya vitamin C

Saat hamil, vitamin C merupakan salah satu zat penting yang perlu dimasukkan dalam diet. Vitamin C dapat mempercepat luka sembuh serta baik untuk perkembangan gigi dan tulang yang mendukung pertumbuhan bayi dalam kandungan.

Vitamin C juga membantu memperlancar metabolisme untuk pencernaan yang sehat. Ibu hamil dianjurkan mengonsumi 85 mg vitamin C per hari. Dan buah naga kaya vitamin C di mana dapat memasok 34% kebutuhan harian per sajiannya.
  • Sumber karbohidrat

Wanita hamil sebaiknya makan 9 hingga 11 sajian karbohidrat per hari. Setidaknya sekitar 80 kalori atau 15 gram karbohidrat dalam satu sajian. Buah naga merupakan sumber karbohidrat alami di mana per sajian mengandung sekitar 14 gram karbohidrat atau 62 kalori.
  • Lemak sehat 

Sebagai wanita hamil, simpanan lemak dalam tubuh diperlukan. Selain untuk kebutuhan harian, tumpukan lemak akan digunakan untuk sumber energi saat melahirkan dan menyusui di kemudian hari.

Lemak sehat (tak jenuh) bisa kamu dapatkan dari buah dan sayuran termasuk buah naga. Buah ini mengandung 0,4 gram lemak per sajian.

Kandungan lemak dalam buah ini juga termasuk asam lemak esensial linoleicdan linolenic yang penting untuk perkembangan otak bayi.

  • Antioksidan

Antioksidan adalah zat yang dapat melindungi jaringan dan bantu tubuh menyerap zat besi serta menguatkan sistem kekebalan tubuh. Antioksidan juga disebut sebagai zat penangkal kanker, mengontrol kolesterol sehat, dan mengembangkan kesehatan otak.

Buah naga mengandung beberapa tipe antioksidan yaitu betalains, hydroxycinnamates dan flavonoids. Selain dari buah naga, kamu bisa dapatkan antioksidan dari brokoli, bayam, dan teh hijau.

Baca : Suntik Vaksin BCG dan Polio 1 | RAFLInews
  • Sumber serat

Wanita hamil dianjurkan mengonsumsi 20 hingga 35 gram serat per hari untuk mencegah terjadinya sembelit dan wasir. Buah naga mengandung 3 gram serat per sajian. Kamu bisa jadikan potongan-potongan kecil buah ini sebagai camilan atau tambahan di salad.


  • Kandungan zat besi

Kekurangan zat besi sebabkan anemia. Ibu mengandung dianjurkan mengonsumsi 27 mg zat besi per harinya. Selain dari daging merah, bayam dan kacang, kamu juga bisa dapatkan juga zat bergizi ini dari buah naga yang menyuplai 10,6% kebutuhan zat besi harian.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil juga termasuk akan kandungan riboflavinnya yang membantu perkembangan fetus

Sumber berbagai zat pendukung lain

Buah naga turut mengandung riboflavin yang penting untuk perkembangan dan pertumbuhan fetus dimana ibu hamil membutuhkan 1,6 mg/ hari nya. Thiamin yang baik untuk metabolisme, perkembangan otak, sistem saraf dan jantung juga bisa diperoleh di buah ini.

Manfaat buah naga untuk ibu hamil dapat dilihat dari kandungan nutrisinya. Serat, vitamin, hingga zat besi dalam buah ini dapat membantu ibu hamil melalui masa kehamilan dengan sehat dan kuat.

No comments: